08 Februari 2017

Pengertian Domain dan Cara Penamaan Domain Yang Benar

Bikinkantor.comPengertian Domain dan Cara Penamaan Domain Yang Benar. Berbicara mengenai domain mungkin untuk kalangan blogger yang masih pemula masih bingung dan kurang paham, apa sih itu domain ? Domain merupakan salah satu bagian terpenting dari sebuah blog atau website, Domain digunakan sebagai nama servers dari blog kamu. Misalnya saja www.bikinkantor.com.

Pengertian Domain dan Cara Penamaan Domain Yang Benar
Pengertian Domain dan Cara Penamaan Domain Yang Benar


Akhiran COM merupakan salah satu nama domain yang digunakan untuk website ini, kamu juga bisa memilih banyak nama domain dengan cara membeli domain dari penyedia nama domain, Nama domain tidak bisa sembarangan dibeli, Terkadang nama domain yang paling kita idam-idamkan sudah digunakan oleh orang lain untuk blog atau website mereka, jadi kalau ada kesempatan untuk membeli nama domain, belilah sebelum orang lain membelinya. 

Berikut ini cara penamaan domain yang benar dan SEO Frienldy

a. Gunakan nama sesuai niche

Yang pertama adalah dengan menyesuaikan nama dari Topik atau niche blog yang kamu ambil, Kebanyakan blogger pemula lebih menggunakan nama domain yang tidak berhubungan niche blog mereka. misalnya saja pembahasan mengenai SEO, Menggunakan nama domain Tutorialku.com. Hubungannya memang sangat jauh sekali, tapi kalau penggunanya rajin update artikel setiap saat dan selalu memberikan deskripsi yang tepat, Tentu saja blognya bisa sukses seperti blog lain yang menggunakan nama domain yang setara dengan niche blog.

b. Pahami banyaknya kata

Yang kedua kalau kamu menggunakan nama untuk domain lebih baik gunakan nama yang lebih simpel, mudah diketik dan mudah diingat oleh orang lain. Penggunaan kata yang mudah tentu saja akan memberikan kepercayaan juga dari mesin pencari dan juga orang lain yang mengunjungi website kamu. Mungkin kamu bisa menggunakan nama pribadi, singkatan Niche blog atau website dan nama lain yang mudah diingat.

c. Gunakan nama domain yang panjang

Kemudian yang kedua adalah penggunaan nama domain yang panjang namun tertarget, jangan salah mengartikan penggunaan nama domain yang panjang ini yah, penggunaan nama domain yang panjang seperti yang saya contohkan berikut ini : www.jasapenulisartikel.com, www.pulsaonline.com dan lain-lain. Nama domain seperti itu merupakan nama domain yang SEO, tapi bagi seorang blogger profesional nama domain yang panjang tidak terlihat pro untuk para pengguna internet. Kalau menurut kamu bagaimana ?

Kemudian jika domain sudah dibeli, maka langkah berikutnya yaitu dengan membeli hosting, Seperti yang sudah saya katakan bahwa penyedia platform blog memiliki ketersedian hosting gratis. Namun kalau kamu ingin berdiri sendiri dengan servers sendiri maka hosting pilihan yang paling tepat. Berikut ini saya akan mencoba memberikan pengertian hosting dan fungsinya.


EmoticonEmoticon