09 Februari 2017

Mengenal jenis - jenis lisensi Microsoft Windows


Inilah jenis - jenis lisensi Produk microsoft yang perlu anda tahu. Pastikan anda membeli sesuai kebutuhan.

OEM (Original Equipment Manufacturer)

Lisensi yang merekat pada hardware. Biasanya dalam bentuk stiker. Satu hardware satu lisensi. Jika hardware rusak dan tidak dapat digunakan lagi, maka lisensinya pun ikut hilang

OLP (Open License Program)

Lisensi dalam bentuk sertifikat. Biasanya dijual minimal 5 untuk banyak perangkat. Jika salah satu perangkat rusak, maka lisensi berlaku untuk perangkat lainnya sampai batas maksimal jumlah lisensi.

FPP (Full Packet Product)

Lisensi yang biasanya dijual dalam bentuk box yang berisi manual, CD, dan Lisensi itu sendiri. Mirip dengan lisensi OEM, namun kelebihannya jika hardware rusak, maka lisensi bisa dipindah ke hardware baru.

Jika dalam bisnis perusahaan anda ada tindakan menyewakan Sistem Operasi ke pengguna lain misalnya seperti rental komputer, maka ada lisensi tambahannya yaitu RRA (Rental Rights Agreement). Biasanya RRA harus menggunakan sistem operasi edisi profesional (minimal).

Itu adalah jenis lisensi microsoft jaman dahulu dimana internet belum sebesar sekarang. Hanya ada 3 jenis lisensi dan mudah untuk memilihnya. Namun sekarang, seiring dengan berkembangnya internet, dan semakin banyaknya produk-produk Microsoft, lisensinya pun semakin beragam. Kita sebagai orang awam sangat susah memahami lisensi yang mereka tawarkan. Maka jangan heran ketika ada orang menawarkan lisensi Microsoft Windows 10 dengan harga yang sangat timpang, Yaitu Rp. 300.000,- beda jauh dengan yang harga resminya yang lebih dari 1,5 juta.

Ibarat kata, mau minum jamu saja harus pintar, ini memang benar-benar harus pintar. Di internet pun telah ada jasa konsultasi lisensi microsoft yang bertujuan agar anda konsumen mendapatkan liseni yang tepat.

Pada intinya lisensi Microsoft yang baru ini bentuknya adalah Volume. Dan lisensi ini dibagi lagi menjadi bisnis, pemerintahan, organisasi non profit, dan seterusnya. Artikel berikutnya akan kami bahas mengenai Lisensi Microsoft berdasarkan Volume ini yang merupakan lisensi terbaru, menggantikan 3 jenis lisensi yang telah dijabarkan di atas.


EmoticonEmoticon