03 Februari 2017

Daftar software yang dibutuhkan untuk bisnis fotocopy dan rental pengetikan


Selain tempat, seperangkat komputer, dan alat fotocopy, perlu diperhatikan juga daftar software yang diperlukan untuk membuka bisnis fotocopy ini. Secara garis besar, bisnis fotocopy menjadi satu paket dengan rental pengetikan. Oleh karena itu kegiatan utama dari bisnis ini adalah foto copy dan pengetikan.

Berikut adalah software yang diperlukan.

MICROSOFT WINDOWS

Sistem operasi yang hampir semua orang menggunakan. Kelebihan utama dan tak terbantahkan dari sistem operasi ini adalah kemudahan dalam penggunaan, sudah familier di semua kalangan, dan dukungan driver hardware lain yang pasti kompatibel.

Alternatif Software Gratisnya : Ubuntu, Debian, Linux Mint, Fedora, Open SUSE, CentOS.

AVIRA ANTI VIRUS

Virus merupakan hal sering menjadi sumber masalah dalam bisnis fotokopy dan rental pengetikan karena banyak pelanggan yang membawa USB sendiri saat hendak mencetak dokumen. Oleh karena itu, anti virus merupakan hal yang wajid ada

Alternatif Software Gratisnya : Avast, Clam, AVG, ESET NOD32, Comodo Internet Security,Windows Defender.

MICROSOFT WORD

Ini merupakan software pembuat dokumen yang hampir dipakai oleh setiap orang. Baik itu mereka yang menggunakan Microsoft windows maupun Mac. Fungsi dari software ini adalah membuat berbagai bentuk dokumen.

Alternatif Software Gratisnya : Libre Office, Apache Open Office, AbiWord, WPS Writer.

MICROSOFT EXCEL

Microsoft excel merupakan software manipulasi data yang biasanya dalam bentuk kolom-kolom. Bagi mereka yang ingin membuat tabel dan manipulasi data seperti daftar gaji, pasti akan menggunakan software ini.

MICROSOFT POWER POINT

Software ini digunakan untuk membuat presentasi. Walaupun tidak banyak oarng yang membuat presentasi di rental pengetikan, namun hal ini dibutuhkan untuk membuka dokumen presentasi pelanggan agar bisa diprint di tempat ini.

Alternatif Software Gratisnya : Libre Office, Apache Open Office.

FOXIT READER

Untuk membuka dokumen dalam bentuk PDF, harus menggunakan softare PDF reader. Salah satunya dan yang paling populer adalah Foxit Reder. Alternatif lain dari software ini adalah Adobe PDF Reader.

Alternatif Software Gratisnya : Sumatra PDF, Adobe Acrobar Reader DC, Nitro Reader.

WINRAR

Winrar digunakan untuk membuat kompresi dokumen dan mengekstrak sekaligus. Beberapa pelanggan yang ingin mencetak skripsi misalnya, sering mengompres dokumennya menjadi 1 file agar ukuran menjadi lebih kecil dan mudah dibawa

Alternatif Software Gratisnya : 7-Zip, PeaZip, IZArc

NERO BURNING ROM

Nero burning room merupakan software untuk menyimpan data ke dalam CD. Sebagai cadangan jika pelanggan ingin meminta dokumen yang telah diketik disimpan di dalam CD

Alternatif Software Gratisnya : ImgBurn, CDBurnerXP, 

ADOBE PHOTOSHOP

Tidak dapat dipungkiri, Bisnis rental pengetikan biasanya akan berkembang dengan layanan tambahan seperti pembuatan desain logo, spanduk, kartu undangan, dan sebagainya. Salah satu software yang biasa digunakan untuk membuat desain logo tersebut adalah Adobe Photoshop.

Alternatif Software Gratisnya : GIMP, Paint.NET,

COREL DRAW

Software ini fungsinya sama seperti Adobe Photoshop. Bedanya, jika Adobe Photoshop mengedit gambar berbasis piksel, sedangkan Corel Draw untuk membuat gambar berbasis Vektor. 

Apa bedanya Piksel dengan Vektor? kalau Vektor, gambar dibesarkan berapapun tetap jernih. Sedangkan Piksel akan terlihat pecah-pecah.

Alternatif Software Gratisnya : Inkscape, Apache Open Office Draw, Boxy SVG

BERAPA BIAYA INVESTASINYA?

Kalau mau jujur dan benar siapkan dana minimal 20 juta untuk pengadaan softwarenya saja. Sebagai gambaran, Semua software yang disebutkan di atas adalah berbayar dengan total hingga 10 jutaan per komputer. Tinggal dikalikan saja berapa komputer yang akan dipasang. Misalnya 5 komputer berarti butuh modal 50 juta untuk software nya saja.

Namun demikian, masih banyak pengusaha fotocopy dan rental pengetikan yang menggunakan software bajakan untuk bisnis mereka. Dan investasi yang dikeluarkan untuk software bajakan ini biasanya jauh lebih kecil. Yaitu sekitar 100 ribu per komputer. Jika ada 5 komputer berarti 500 ribu.

Bandingkan antara 50 juta dengan 500 ribu.

Ada lagi yang lain? nantikan update artikel berikutnya masih di halaman ini.


EmoticonEmoticon