01 Februari 2017

Cara mengukur keberhasilan website


Pengukuran ialah salah satu topik penting saat memulai online dan mencoba membuat situs web. Yang lucu ialah banyak orang tidak menganggap hal ini penting. Kita mau tahu bagaimana untuk mendapatkan lebih banyak orang untuk situs web kita (trafik), bagaimana untuk memunculkan dalam hasil pencarian pada web dan bagaimana untuk menambahkan fans lebih banyak di sosial media.

Dan selain itu, yang paling penting seperti yang kita tampilkan di seluruh bab Bisnis Go Online ini, tidak ada yang lebih penting dibandingkan:
Tingkatkan penjualan Anda!
Membalikkan kerja keras Anda dalam situs web menjadi penjualan adalah sebuah proses yang kita sebut perubahan di pemasaran online. Ini karena kita mengubah pengunjung situs web menjadi klien, pelanggan, kontak atau apapun yang Anda sangat inginkan. Ingat saat Anda menentukan tujuan Anda membuat situs web di sebelumnya? Anda mungkin tidak mengetahuinya, tapi Anda membicarakan
mengenai pergantian apa yang Anda inginkan.

Dalam bab ini, akan ditunjukkan bagaimana menganalisa trafik situs web kita untuk melihat seperti apa jenis pergantian yang Anda dapatkan dan bagaimana cara untuk mengembangkan mereka. Perubahan dapat berarti perbedaan hal untuk perbedaan orang. Contohnya, jika Anda adalah kontraktor, Anda akan memutuskan bahwa perubahan adalah telepon dari pelanggan potensial yang menginginkan penawaran.

Perhitungan dan Analisis

Memahami siapa, apa, kapan, di mana, dan kenapa dari pengunjung situs web kita adalah tahapan pertama untuk mengerti bagaimana mengembangkan bisnis kita.

Ada 2 macam alat yang setiap pemilik situs web harus menggunakannya untuk mengerti tentang pengunjung mereka. Satu alat adalah apa yang pengunjung lakukan ketika mereka ada di situs kita dan yang lainnya ialah tipe semacam apa yang kita terima.

Tingkah Laku Pengunjung

Google analytics (www.google.com/analytics)adalah alat gratis yang dapat menyediakan banyak masukan kedalam trafik situs web kita. Untuk mendapatkannya, Anda hanya butuh menyalin satu baris dari kode spesial ke dalam setiap halaman di situs web Anda. Alat ini kemudian menggunakan kode tersebut untuk memproduksi laporan untuk menunjukkan bagaimana orang datang ke situs web Anda dan apa yang mereka lakukan saat di dalam sana.

Ini adalah beberapa contoh dari laporan google analytics yang mungkin berguna untuk Anda:

  • Merujuk situs:Ini menceritakan pada Anda dari mana tamu situs web Anda berasal – dari link atau situs lainnya, pencarian pada web, atau yang lainnya. Sebagai contoh, jika Anda mempromosikan konten Anda di blog, ini akan membantu Anda untuk melihat bagaimana blog Anda bekerja.
  • Kata kunci (kata apa yang dicari untuk menemukan situs Anda): Apakah seseorang mencari kata “sepatu tenis” dan berakhir di situs Anda. Report ini menunjukkan kepada Anda semua kata kunci yang membawa pengunjung ke situs Anda. Dengan ini, Anda dapat merangkai konten Anda dengan menggunakan kata kunci yang sering mereka cari.
  • Konten berdasarkan judul: Ini menunjukkan kepada Anda konten apa di situs web Anda yang paling banyak pengunjungnya.


Ada banyak hal yang dapat Anda ukur setelah situs web Anda berjalan. 2 sumber daya yang membantu pengguna awam, yaitu :

  1. Memulai dengan petunjuk analisisdi bagian memulai dari google analytics (www.google.com/analytics)
  2. Perubahan universitas (www.google.com/support/conversionuniversity)

Jika Anda membuat situs web menggunakan google sebagai alat bisnis online Anda, lalu alat secara automatis akan melacak pengunjung situs web. Ini adalah tempat terbaik untuk memulai, tapi sekali Anda merasa nyaman, disarankan untuk bergerak ke analisa google karena itu dapat membantu Anda belajar lebih banyak mengenai pengunjung Anda.

Demografi Pengunjung

Jenis orang seperti apa yang mengunjungi situs web Anda? Berapa umur mereka? Gender atau kelamin mereka? Apakah mereka mendapatkan cukup banyak? Anda tidak akan tahu dengan pasti siapa yang mengunjungi situs Anda karena datanya tidak bernama dan dilihat secara menyeluruh, tapi Anda dapat belajar tentang tipe dari orang yang mengunjungi situs web Anda.

Beberapa alat baru dapat menunjukkan kepada Anda secara garis besar orang yang mengunjungi situs Anda. Ini penting, jika bisnis Anda adalah untuk penduduk senior lalu Anda mendapatkan bahwa pengunjung Anda di bawah umur 30 tahun, maka Anda akan mendapatkan masalah.

Ini tips untuk membantu Anda mengerti mengenai pelanggan:
Kirimkan pertanyaan survey untuk pelanggan kita untuk mempelajari tentang bagaimana mereka dan kenapa mereka mengunjungi situs web Anda. Anda dapat menggunakan dokumen google (docs.google.com)untuk membuat form google yang dapat Anda letakkan dalam situs web Anda dan mengumpulkan jawaban dalam pengolah angka.

Artikel ini merupakan bagian dari Panduan Bisnis Go Online. Daftar isi silahkan KLIK DI SINI 


EmoticonEmoticon