30 Januari 2017

Terungkap. Inilah sebenarnya fungsi refresh desktop yang sering diremehkan ahli Komputer



Klik kanan pada mouse anda di area desktop layar, kemudian pilih "Refresh". Sepintas memang terlihat bodoh di mata para ahli komputer.

Memang dari sisi teknis, refresh desktop tidak ada kaitannya dengan pembebasan memory akibat aplikasi yang sudah tidak dijalankan lagi. Yang biasa dicap sebagai sumber komputer lambat.

Akan tetapi nyatanya dengan melakukan tindakan refresh desktop, aplikasi lain yang akan kita buka terlihat lebih ringan setelahnya. Kok bisa?

Karena sebenarnya setelah aplikasi ditutup akan ada jeda waktu untuk menghapus aplikasi tersebut dari memory komputer. Nah, refresh desktop ini merupakan perintah ringan di komputer. Jika kita dapat melakukan refresh desktop dengan cepat, berarti aplikasi yang ada di memory telah selesai dihapus. Sedangkan jika refresh desktop masih terasa berat, berarti proses penghapusan aplikasi masih berjalan.

Jadi, fungsi refresh desktop sebenarnya hanya sebagai tanda bahwa memory sudah bisa digunakan lagi. Fungsi ini dapat diganti dengan cara klik kanan saja pada area desktop tanpa harus menekan tulisah "refresh".

Semoga dengan tulisan ini, para ahli komputer tidak lagi menganggap hina mereka yang masih melakukan refresh desktop karena dianggap melakukan hal sia-sia. Toh nyatanya setelah refresh desktop, aplikasi dapat berjalan lebih cepat. 


EmoticonEmoticon