31 Januari 2017

Panduan lengkap membuat website bagus dan menonjol di internet


Para pengusaha saat ini sangat beruntung! Kita memiliki banyak sekali cara untuk aktif secara online seperti: blog, profil sosial media, halaman Google Places dan masih banyak lagi. Namun setiap bisnis membutuhkan “markas” online - atau tempat yang Anda sebut sebagai milik Anda.

Markas tersebut adalah situs web Anda. Itu adalah karpet selamat datang Anda, jendela Anda untuk ditampilkan pada pengunjung internet. Jika Anda baru saja memulainya, jadikanlah hal itu sebagai pengumuman pembukaan besar Anda untuk menarik orang pada bisnis Anda. Saat ini pelanggan, calon pelanggan dan publik mengharapkan perusahaan-perusahaan memiliki situs web mereka sendiri. Memiliki situs web adalah kunci yang diperlukan untuk memasuki dunia bisnis di
abad ke-21 ini.

Pilih Alamat Web Anda Dengan Seksama.

Yang terpenting adalah, situs web Anda akan memiliki alamatnya sendiri seperti, MyCompanyWebsite.com. Sebutan teknis untuk alamat situs web adalah “Domain name.”

Anda akan memilih alamat situs web Anda sendiri ketika Anda membangun sebuah situs web tersebut. Usahakan tidak terlalu panjang dan sedekat mungkin dengan nama bisnis Anda. Jika nama bisnis Anda adalah Pipa Zigman, usahakan Anda mendapatkan nama PipaZigman.com.

Anda mungkin saja menemukan bahwa nama yang Anda inginkan sudah diambil orang lain atau jaringan bisnis lain (dan hal ini sering terjadi). Jika nama yang Anda inginkan sudah diambil, carilah nama lain yang termudah dan gampang diingat seperti, PipaJaneZigman.com atau ZigmanTukangPipa.com.

Banyak para pemilik usaha kecil melakukan kesalahan bahwa memasarkan secara online (yaitu internet) dan memasarkan secara offline (pemasaran secara umum) adalah dua hal yang terpisah. Tidak ada yang saling membedakan. Dua hal tersebut saling mendukung satu sama lain. Dan itulah mengapa alamat situs web Anda harus disertakan dalam setiap alat pemasaran offline Anda.

Tampilan online Anda mendorong ketertarikan pengunjung dan mengembangkan bisnis Anda. Iklan secara offline dapat mengarahkan pelanggan kepada web Anda untuk mempelajari Anda lebih dalam lagi. 

Mulailah Dengan Situs Web Anda

Pelanggan dapat menjangkau Anda di situs web Anda dengan berbagai cara:

  • Pelanggan Anda saat ini mengatakannya pada orang lain mengenai situs web Anda.
  • Pencarian pada mesin pencarian mengarahkan pelanggan baru kepada Anda.
  • Blogs dan situs sosial bertautan dengan situs web Anda.
  • Iklan online dan offline dapat mengarahkan mereka pada situs web Anda.

Sekali orang lain menemukan Anda, maka penjualan pun dimulai. Sebuah situs web yang tidak terlihat profesional dan tidak menampilkan kesungguhan dalam pelayanan, akan dihindari oleh calon pelanggan, walaupun jika mereka direkomendasikan oleh pelanggan lama.

Di sisi lain, situs web yang terlihat mengagumkan adalah menggunakan bahasa yang sama dengan yang digunakan oleh pelanggan atau pengguna internet pada umumnya, memberikan rasa aman dan mudah untuk digunakan. Dijamin, situs tersebut akan menjadi situs penjual nomor 1!

Jangan sampai orang lain atau mesin telusur tidak dapat menemukan halaman di situs web Anda. Pastikan setiap halamannya bertautan dengan halaman lain.

Target utama Anda dalam membangun sebuah situs web bisnis adalah: Muncul dalam search engine atau mesin pencarian. Jika Anda menjual topi, maka situs web Anda akan tampil langsung ketika orang mengetik kalimat “Topi” dalam bagian pencarian. Jelaskan pada pengunjung situs web Anda bisnis apa yang Anda jalankan dengan jelas. Buatlah proses yang mudah untuk pengunjung web Anda dalam membeli produk atau jasa Anda, baik pembelian melalui online maupun ketika pelanggan mendatangi toko Anda.

Sebelum Anda mulai bergelut dengan alat pembuat situs web atau menyewa jasa seorang web designer, tanyakan pada diri Anda pertanyaan berikut:

  1. Apa tujuan saya membuat situs web ini? Setiap situs web harus memiliki satu atau dua tujuan spesifik. Sebagai contoh, Anda ingin pengunjung membeli sesuatu secara online atau mereka cukup terdorong untuk menelepon Anda? Beberapa situs hanya tersedia untuk mendapatkan arahan dan jam operasional, atau melihat barang apa yang tersedia saat ini. Yang lainnya bahkan memberikan kupon untuk menarik pelanggan dari persaingan. Dan tujuan Anda akan membentuk keseluruhan situs web Anda. 
  2. Apa metode penjualan unik yang harus saya tampilkan? Bisnis Anda memiliki sesuatu yang membuatnya menjadi unik. Letakkan ini sebagai pembuka dan pusat dari situs Anda. Apakah produk Anda bisa menyesuaikan keinginan pelanggan dan lebih murah? Apakah bisnis ini dimiliki oleh keluarga, atau apakah Anda memiliki model terbaru? Penjelasan mengapa Anda adalah pilihan yang terbaik dapat mendorong orang untuk membeli. 

Berikan pertanyaan-pertanyaan ini jawaban dari pemikiran Anda. Tulis dalam masing-masing satu kalimat, tujuan utama dari situs web Anda hal unik yang ditampilkan dan mengapa produk atau jasa Anda adalah pilihan yang terbaik.

Membangun Situs Web yang Sukses

Jika Anda sudah menemukan apa tujuan dari situs web Anda dan metode penjualan unik Anda, Anda akan siap untuk membuat situs Anda menjadi nyata. Beberapa orang memilih untuk menggunakan jasa orang lain untuk desain situs web dari desain dengan coretan gambar khusus, dan cara ini perlu biaya tambahan.

Namun cara tepat untuk memulainya adalah dengan menggunakan alat yang bisa Anda gunakan untuk membuat situs web dengan mudah. Ada beberapa alat pada tampilan komputer Anda di mana Anda dapat membuat situs profesional seperti yang Anda inginkan dengan gratis. Beberapa alat ini bahkan memberikan Anda instruksi langkah demi langkah yang dapat Anda gunakan dalam membuat situs web perusahaan Anda dengan cara yang tidak terlalu sulit. Hanya dibutuhkan sedikit waktu untuk mulai membuat dan menjalankannya, dan tentunya tidak ada biaya yang harus Anda bayarkan.

Implementasi Situs Web Terbaik

Sekarang mari kita bahas mengenai “Implementasi Terbaik,” atau cara yang sudah terbukti paling ampuh dalam mencapai tujuan dari pembuatan situs web Anda.

Jika saya harus menuliskan satu saja cara terbaik yang harus Anda ikuti, maka itu adalah:

Situs web Anda haruslah mudah dan menarik minat pengunjung untuk melakukan apapun yang Anda ingin mereka lakukan.

Jika Anda ingin mereka menghubungi Anda, tuliskan nomor Anda pada pembuka dan pusat dari seluruh situs Anda. Jika Anda ingin mereka menemukan lokasi bisnis Anda, pastikan Anda melengkapi situs Anda dengan peta. Dan seterusnya.

Desain situs Anda dapat memudahkan atau sebaliknya merepotkan para calon pelanggan potensial dan halaman pencarian untuk mendapatkan apa yang mereka cari. Semakin mudah semakin baik!

Situs web yang sukses memiliki beberapa unsur yang sama yaitu:

  • Memudahkan pelanggan untuk membaca dan melihat-lihat tanpa harus berpikir keras. (Ini disebut desain yang “naluriah”.)
  • Buatlah menjadi pencarian yang mudah dalam mesin pencarian seperti Google (Akan dibahas lebih lengkap pada bab lain). Berikan kesan bahwa Anda dapat dipercaya dan tunjukkan pada pengunjung situs bahwa bisnis Anda adalah bisnis yang memiliki kredibilitas baik dengan dilengkapi detail di mana Anda dapat dihubungi, informasi bisnis Anda dan testimoni atau cerita dari pelanggan Anda yang puas akan layanan atau produk Anda. 
  • Tunjukkan dengan jelas keuntungan dan manfaat dari produk atau jasa yang Anda tawarkan. Berikan alasan mengapa mereka harus memilih produk Anda daripada pesaing Anda. Arahkan pengunjung situs Anda untuk melakukan apa yang Anda ingin mereka lakukan untuk Anda. 

Saat ini Anda memutuskan untuk memulai situs web Anda dengan hanya satu halaman saja dengan isi informasi dasar. Demikian pun tidak apa-apa. Halaman muka adalah hal yang paling penting dari tampilan situs Anda. Namun jika Anda sudah siap untuk membuat situs yang lebih lengkap dengan tiga halaman, berikut adalah cara untuk membuat tampilan Anda mudah dan ramah pengunjung:

Setiap bisnis memiliki fitur yang membuatnya menjadi unik. Karena hal tersebut menunjukkan siapa Anda, maka tunjukkanlah dengan tampilan yang mencolok pada situs Anda.

  1. Golongkan hal-hal tertentu kedalam bagiannya masing masing untuk membantu pengunjung mempelajari bisnis Anda. Identifikasikan apa saja yang penting untuk bisnis Anda: 
    • Halaman utama (Home Page berisi informasi mengenai produk atau jasa yang Anda tawarkan.
    • Halaman selanjutnya berisi rincian lebih mendalam mengenai apa yang Anda tawarkan, dilengkapi dengan testimoni pelanggan Anda.
    • Kombinasikan bagian “Tentang Kami” dan “Hubungi Kami” kedalam sejarah atau filosofi bisnis Anda, berikut nomor kontak Anda, alamat Anda, alamat email dan peta jalan untuk mengunjungi lokasi bisnis Anda. Dan jika Anda ingin mengumpulkan data mengenai pengunjung Anda seperti alamat email atau nomor telepon mereka, Anda harus menyertakan “Kebijakan Privasi” pada situs Anda.
  2. Jangan membuat situs web yang tidak dapat memudahkan orang mencari Anda dalam mesin pencarian! Pastikan link web Anda saling terkoneksi satu sama lain. Buatlah agar informasi Anda mudah dicari. Disarankan untuk menuliskan nomor telepon dan alamat Anda pada bagian bawah di tiap-tiap halaman situs Anda. Pisahkan bagian “Hubungi Kami” yang terhubung dengan bagian kontak email Anda. 
  3. Luangkan waktu untuk menuliskan “copy” yang baik untuk situs web Anda. (“Copy” adalah istilah yang akan sering Anda dengar, yang artinya adalah“teks.”)
  4. Tetap fokus dan jaga agar tulisan Anda relevan dengan produk dan jasa yang Anda tawarkan. Gunakan bahasa yang pelanggan gunakan pada umumnya, dengan menghindari jargon-jargon industri, kecuali Anda berkecimpung di dunia teknik di mana bahasa tersebut sudah dimengerti oleh para pengguna atau pembeli dari bisnis tersebut. 

Buatlah Dengan Tampilan Yang Menarik

Tampilan dari situs web Anda akan memengaruhi pilihan para pelanggan potensial Anda. Lantas bagaimana Anda mendesain situs web agar sesuai dengan kebutuhan mereka? Ikuti enam cara mendesain dengan baik seperti berikut :

  • Berikan penampilan profesional dan meyakinkan bahwa Anda mampu menginspirasi. Pilih kata-kata dan foto-foto yang akan Anda gunakan dengan hatihati. Periksa kembali penulisan kata-kata yang Anda gunakan!
  • Gunakan kalimat-kalimat yang pendek serta kalimat pembuka. Gunakan simbol penunjuk (pointer) atau angka untuk menjelaskan lebih detil.
  • Coba lihat tampilan situs web Anda melalui browser-browser terkenal, seperti Chrome atau Firefox, sehingga Anda akan tahu bagaimana penampilan situs web Anda ketika dibuka di tempat lain.
  • Tempatkan alamat, email dan nomor telepon di tempat yang mudah dilihat. 
  • Gunakan link navigasi di posisi yang sama di setiap halaman. Link navigasi adalah simbol yang digunakan untuk memudahkan Anda untuk berpindah dari halaman yang satu dengan yang lainnya dalam sebuah situs web. Para pengunjung situs web akan merasa lebih merasa nyaman ketika mereka bisa menemukan link untuk kembali ke halaman depan di setiap halaman.
  • Masukkan perintah yang jelas yang dapat membantu kebutuhan pengunjung situs web Anda (misalnya: Beli Sekarang, Kontak, Unduh Presentasi).

Perbaharui Isi Situs Web Secara Berkala

Kata-kata, gambar atau foto, link-link dan hal-hal lain yang ada di dalam situs web Anda disebut dengan konten atau isi. Konten yang Anda miliki tentunya sangatlah penting bagi pelanggan Anda, namun sebenarnya konten-konten tersebut sangat penting bagi mesin pencari.

Lebih tepatnya konten di dalam situs web Anda sesungguhnya adalah makna bagi mesin pencari seperti Google. Ciptakan konten dengan kata-kata yang tepat tentang bisnis Anda sehingga mudah ditemukan oleh mesin pencari. Karena pada saat itulah Anda dapat mudah ditemukan oleh para calon pelanggan Anda, ketika mereka mencari sesuatu dengan menggunakan kata-kata yang terdapat di dalam konten situs web Anda.

Yang harus diperhatikan dari konten itu sendiri adalah konten tidak boleh selamanya sama. Perubahan bisnis Anda yang memungkinkan Anda memberikan penawaran baru, menghentikan sebuah produk yang Anda

Terus mengupdate atau memperbaharui situs web Anda dapat merefleksikan perkembangan bisnis Anda. Jika Anda memiliki penawaran layanan yang baru, atau mungkin Anda mengembangkan bisnis Anda, tulis dengan lengkap di situs Anda tersebut. Hal-hal seperti ini bisa membuat pengunjung situs Anda menilai bahwa bisnis yang Anda lakukan terus berkembang. Tidak hanya melalui tulisan, konten yang diperbaharui dengan gambar atau foto di dalamnya juga bisa dapat langsung ditemukan ketika seseorang mencari informasi tentang produk yang Anda miliki. miliki, atau bahkan mengalami perubahan alamat ataupun nomer telepon.

Lalu, apa yang harus Anda lakukan setelah membuat situs web? Jawabannya adalah Anda harus membuat orang-orang mulai mengunjunginya. Nah, kami jelaskan di bab selanjutnya.

Artikel ini merupakan bagian dari Panduan Bisnis Go Online. Daftar isi silahkan KLIK DI SINI  


EmoticonEmoticon