31 Januari 2017

Cara membuat website mudah ditemukan mesin pencari


Setelah Anda berhasil membuat situs web Anda, langkah selanjutnya adalah menjadikan situs web Anda mudah ditemukan oleh calon pelanggan potensial. Marketing yang dilakukan oleh mesin pencari yang merupakan proses pengarahan pengguna internet untuk mengunjungi situs web Anda, menjadi faktor penting lainnya yang dapat dimanfaatkan melalui Google atau mesin pencari
lainnya.

Dua cara populer untuk melakukannya:

  1. Search Engine Optimization (SEO) atau Optimasi Mesin Pencari
  2. Menggunakan Jasa Iklan seperti Google AdWords.

Apakah Search Engine Optimization (SEO) atau Optimasi Mesin Pencari itu?

Pernahkah Anda mendesain logo bisnis? Atau mungkin mengubah desain kartu nama Anda? Anda mungkin akan berpikir dengan hati-hati tentang ukuran dan bentuknya, bagaimana nama Anda tertulis di sana, apakah logo yang Anda pilih mampu menunjukkan dengan jelas produk yang Anda tawarkan, hingga bagaimana caranya logo atau kartu nama itu akan menarik perhatian mata seseorang. Nah, SEO sama halnya seperti itu. Hanya saja ‘logo’ ataupun ‘kartu nama’ yang disebutkan di atas diganti menjadi situs web bisnis Anda. Sedangkan ‘mata seseorang’ yang disebut di akhir kalimat di atas dapat Anda ganti sebagai mesin pencari seperti Google ataupun Yahoo!. Ya, SEO adalah sebuah cara mendesain atau aplikasi yang dapat membuat situs web Anda menarik dan membuat mesin pencari mengerti atas bisnis yang Anda tampilkan dalam situs web Anda.

Mengapa Anda harus memperhatikannya? Karena kebanyakan calon pelanggan akan menemukan Anda melalui mesin pencari.

Membuat Situs Web Anda Mudah Ditemukan

Misi dari SEO adalah memastikan mesin pencari dapat menemukan dan mengerti halaman apa saja yang ada di situs web Anda. Hal tersebut menjadi penting agar situs web Anda muncul pada saat seseorang mengetikkan kata atau kalimat yang berhubungan dengan isi dari situs web Anda. Makin sering Anda dilihat oleh pengguna internet, maka akan lebih mudah bagi para calon pelanggan untuk
menemukan situs web Anda.

Struktur dan Ukuran situs. Mesin pencari adalah sesuatu yang dibuat dengan bahasa komputer. Karenanya mereka (mesin pencari) akan mampu melihat halaman situs Anda melalui beberapa kode serial dan juga beberapa tanda yang digunakan dalam sebuah kata-kata. Anda dapat menggunakan beberapa cara untuk membantu mesin pencari menemukan situs web Anda. Kami tidak akan memaparkan semuanya dengan panjang lebar di sini. Tapi Google Webmaster Tools (www.google.com/webmaster)adalah salah satu jalan untuk membantu menemukan kesalahan apa yang mungkin Anda lakukan pada saat merangkai situs web, dan juga memberikan jawaban yang benar.

Kata Kunci situs dan Tulisan. Kata kunci adalah beberapa kata atau kalimat pendek yang umumnya dimasukkan oleh orang-orang ke dalam mesin pencari untuk menemukan beberapa hal yang berkaitan dengan barang-barang ataupun penyedia jasa. Beberapa kata kunci yang sangat tipikal digunakan oleh para pebisnis yang membuat situs adalah ‘Hotel Murah’, ‘Video Games’ ataupun ‘Dekorator Kantor’.

Jika Anda membuat kata kunci yang tepat dan berhubungan dengan bisnis Anda, maka situs web Anda akan tampil di daftar hasil pencarian mesin pencari itu. Ada Dua Cara Yang Bisa Anda Lakukan Untuk Optimasi Mesin Pencari

  • Lakukan sendiri.
  • Sewa jasa profesional.

Jika Anda penjual berlian di ibukota misalnya, dan Anda ingin mesin pencari mengeluarkan nama Anda ketika ada seseorang pengguna internet yang mengetikkan kalimat seperti “Penjual Berlian di Ibukota” atau “Kalung Berlian di Ibukota”di kolom mesin pencari, SEO atau Optimasi Mesin Pencari saat ini tidaklah lagi menjadi satu hal yang sangat menyulitkan. Karenanya, Anda para pebisnis sudah seharusnya mulai memerhatikan penggunaan jalur SEO ini seperti halnya Anda memaksimalkan divisi pemasaran bisnis Anda. Banyak dari pebisnis yang berhasil mencapai target mereka karena memperhatikan penggunaan SEO ini.

Cara lain yang dapat membuat situs web Anda ada di dalam hasil pencarian mesin pencari adalah dengan perusahaan iklan online, dengan membayarnya sudah tentu. Biasanya perusahaan iklan yang membantu Anda mempromosikan bisnis Anda akan terlihat melalui tulisan ‘Sponsored Links’. Tulisan tersebut mengartikan bahwa perusahaan yang enggunakan jasa mereka menggunakan kata kunci yang cukup beragam agar situs webnya muncul pada mesin pencari.

Google AdWords sebagai sebuah penyedia jasa berbayar juga menyediakan cara seperti itu untuk mengiklankan bisnis Anda di mesin pencari Google. Hasilnya, perusahaan ataupun bisnis yang Anda kelola akan tampil tiap ada seseorang yang mencari perusahaan atau bisnis seperti milik Anda melalui internet. Melalui Google AdWords Anda dapat memilih biaya bulanan yang akan Anda keluarkan untuk promosi dalam waktu beberapa menit saja. Nantinya, Google akan menentukan
sendiri kata apa yang dapat dijadikan sebagai kata kunci situs web Anda melalui kategori yang Anda pilih sebelumnya. Untuk lebih lanjut, hal ini dapat Anda buka melalui www.google.com/ads/learn/.

Artikel ini merupakan bagian dari Panduan Bisnis Go Online. Daftar isi silahkan KLIK DI SINI 


EmoticonEmoticon