31 Januari 2017

Cara Membuat Bisnis Mudah Ditemukan


Semakin banyaknya orang yang sadar internet dan dengan banyaknya wisatawan datang ke kota Anda, maka mereka akan menggunakan internet untuk mendapatkan atau menemukan penyedia jasa di daerah lokal yang mereka kunjungi.

Jika Anda adalah seorang pemilik bisnis berskala kecil, Anda harus mempelajari apa yang umumnya dicari oleh para wisatawan di daerah Anda. Karena nantinya pada saat orang-orang di daerah Anda menuliskan “nama kota Anda + sesuatu yang mereka cari” di kolom mesin pencari melalui komputer ataupun telepon genggam mereka, Anda akan mudah ditemukan. Andai nama bisnis Anda tidak ada di sana, maka seperti yang dijelaskan pada bab sebelumnya, bisnis Anda sulit diketahui oleh orang-orang.

Akan kami tunjukkan beberapa cara untuk mendapatkan kesempatan diketahui lebih banyak orang sekaligus menambah pelanggan baru. Kerjakan setiap bagian dengan hati-hati dan lakukan beberapa aksi setiap harinya. Maka dalam waktu yang tidak lama, nama bisnis atau perusahaan Anda akan terbangun dengan sangat mudah.

Jangan pernah menunda cara ini, karena Anda bisa saja dikalahkan oleh pesaing Anda.

Buat Situs Web Mudah Ditemukan di Skala Lokal

Beberapa bisnis atau pun perusahaan (seperti perusahaan mobil dunia) menginginkan situs web mereka dapat menarik perhatian siapapun dimana saja. Namun jika Anda ingin mendapatkan pelanggan di beberapa area lokal tempat perusahaan/bisnis Anda berjalan, itu harus dilakukan dengan menggunakan keterampilan yang khusus.

Pada bab sebelumnya kami menjelaskan bagaimana cara untuk menciptakan sebuah situs web. Untuk melokalisir keberadaan situs web atau jasa yang Anda berikan, Anda harus membuat mesin pencari mengerti dengan jelas apa yang disediakan oleh bisnis Anda tersebut.
Cantumkan alamat jelaskeberadaan bisnis/perusahaan Anda di setiap halaman situs web Anda.
Cantumkan nama kota-kotayang menyediakan jasa Anda di halaman situs web Anda.
Berikan keterangan kota/kawasan lainyang berdekatan dengan tempat bisnis Anda dengan cara yang natural. Misalnya, “Kami Dapat Anda Temukan Di Dekat Kota X”.
Lakukan riset mengenai kata kunciuntuk menemukan kata kunci yang lebih populer di kawasan lokal tempat berdirinya bisnis Anda. Untuk memudahkan riset tersebut Anda bisa melakukannya di Google Keyword Tool (https://adwords.google.com/select/KeywordToolExternal) yang bisa membuat Anda menemukan ide-ide segar dalam memilih kata kunci yang tepat.

Buat Daftar Pencarian Anda 

Mesin pencari seperti Google dan Yahoo! menginginkan Anda untuk memberikan informasi sebanyak mungkin mengenai bisnis/perusahaan yang Anda buat dengan memberikan alamat selengkap-lengkapnya, siapa yang harus dihubungi untuk mendapatkan informasi tentang bisnis Anda, jam beroperasi, dan lain sebagainya. Hal-hal seperti itu dapat membuat pekerjaan mesin pencari lebih dimudahkan.

Dan hal itu pun akan menguntungkan bisnis/perusahaan Anda. Jika Anda belum melakukannya, membuat daftar info bisnis/perusahaan Anda, sebaiknya Anda lakukan saat ini juga.

Aplikasi Google Places – www.google.com/placesforbusiness

Aplikasi daftar tempat yang disediakan oleh Google ini juga bisa memberikan perbedaan yang signifikan ketika Anda mulai menggunakannya saat memulai sebuah bisnis lewat internet. Melalui aplikasi ini, Anda berarti membuat mesin pencari akan selalu memberikan informasi terbaru tentang bisnis/perusahaan Anda. Pastikan juga Anda melengkapi data bisnis/perusahaan Anda dengan foto/gambar ataupun video yang menunjukkan produk apa saja yang Anda tawarkan.

Meski informasi ini bisa dibilang berskala lokal, tak mendunia, namun ada baiknya Anda memperlakukan calon pelanggan Anda layaknya calon pelanggan yang berasal dari berbagai macam tempat.

Mulailah Membangun Komunitas Bisnis Anda

Salah satu cara yang ampuh (dan menjadi strategi yang bagus untuk mendapatkan semua link situs web lokal di sekitar lokasi bisnis Anda) adalah dengan membuat grup lokal atau komunitas setempat ke dalam jejaring media sosial seperti Facebook atau LinkedIn.

Sebagai contoh, jika Anda membuka bisnis kedai kopi di Pusat Kota, mungkin Anda bisa menggunakan grup/komunitas bernama ‘Klub Pecinta Kopi di Pusat Kota’.  Di dalam grup/komunitas yang Anda bangun itu Anda bisa mulai mempromosikan bisnis Anda tersebut di depan orang-orang yang bergabung dengan grup/komunitas itu.

Berikan obrolan-obrolan (promosi) yang bisa menarik perhatian pebisnis lainnya sehingga mereka bersemangat untuk membicarakan tentang bisnis mereka, dan di saat yang bersamaan Anda juga sedang menunjukkan eksistensi dari bisnis Anda.

Metode seperti ini tidak hanya diperuntukkan bagi bisnis/perusahaan yang sudah besar. Jika Anda baru saja memulai bisnis Anda, cara ini sangatlah baik untuk membesarkan nama bisnis Anda, mencari pengikut baru, hingga mendapatkan ideide segar yang berasal dari area lokal tempat perusahaan/bisnis Anda berada.

------------------
Artikel ini merupakan bagian dari Panduan Bisnis Go Online. Daftar isi silahkan KLIK DI SINI 


EmoticonEmoticon