29 September 2016

Waspada! Inilah Penyebab Usaha Bisa Gulung Tikar


Penyebab usaha bisa gulung tikar sangatlah banyak. Mulai dari karena faktor diri sendiri maupun faktor lainnya. Dalam artikel ini, kami akan mengulas beberapa penyebab bisa gulung tikar. Berikut daftarnya :

Penyebab Usaha Bisa Gulung Tikar Karena Modal




Banyak usaha bisa gulung tikar karena permasalahan modal. Pastikan anda memiliki modal yang sesuai dengan bisnis anda. Usahakan juga anda memiliki dana cadangan yang pasti akan dipakai jika suasana mendesak. Pernahkah anda menjual pakaian kepada teman atau tetangga? pastinya mereka akan membayar dengan cara hutang kepada kita. tentunya jika kita tidak memiliki dana cadangan, uang tidak jadi berputar dan usaha bisa gulung tikar. Satu hal lagi terkait permasalahan modal, anda bisa meminjam modal kepada bank, dengan catatan anda pandai memutar modal menjadi keuntungan. Banyak usaha bisa gulung tikar karena salah mengatur keuangan dari pinjaman bank

Penyebab Usaha Bisa Gulung Tikar Juga Karena Kurang Relasi




Pada saat anda memulai usaha, start awal yang paling mudah adalah memberi tahu kenalan atau relasi, baik itu keluarga, teman, atau lainnya. Tentunya jika anda memiliki banyak relasi, usaha anda cepat dikenal oleh banyak orang. Namun jika kurang relasi, usaha anda kemungkinan akan jalan ditempat dan lama – lama tutup. Bayangkan jika anda sedang mendapat order ribuan, sedangkan anda sendiri hanya mampu mengerjakan ratusan. Kemana orderan sisanya akan dialihkan? tentunya ke relasi anda. Jika anda kurang memiliki relasi, tentunya anda akan pusing menghadapi permasalahan seperti ini.

Karyawan Bisa Jadi Penyebab Usaha Gulung Tikar




Tahukah anda bahwa karyawan adalah aset yang paling berharga dalam usaha. Banyak usaha bisa gulung tikar karena Bermasalah dengan karyawan mulai dari kurang pandainya karyawan, sakit hati, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, dalam menjalankan usaha, pastikan anda memiliki karyawan yang tepat pada saat yang tepat. Banyak pengangguran di indonesia, namun sedikit yang mau benar-benar bekerja. Perhatikan karyawan anda. Jika mereka nyaman, tentunya usaha dapat berkembang lebih besar

Lokasi dan Sarana Menjadi Sebab Usaha Bisa Gulung Tikar




Jika anda sedang menjalankan bisnis offline seperti toko kelontong, warung makan, dan sebagainya, ketika anda salah memilih lokasi yang tepat, usaha anda bisa  gulung tikar. Misalnya, anda membuka toko kelontong yang menjual kebutuhan sehari-hari, pastikan lokasi anda jauh dari minimarket modern seperti indomaret atau alfamart. karena dijamin usaha anda kalah bersaing dengan minimarket modern seperti mereka, bahkan jika anda menjual barang dengan harga yang lebih murah.

Jika anda membuka usaha kuliner seperti warung makan, usahakan berada di dekat perkumpulan orang seperti komplek perkantoran, perumahan, atau pabrik. Jika anda membuka usaha warung makan di daerah yang sepi dan jauh dari pemukiman, bisa diperkirakan usaha anda bisa gulung tikar.



Itulah beberapa penyebab usaha bisa gulung tikar. Untuk mengantisipasinya, anda sebaiknya menyisihkan dana cadangan untuk kebutuhan mendesak terkait modal, dan juga ketika anda sudah memiliki karyawan, perlakukan mereka dengan istimewa karena karyawan adalah aset paling berharga dalam membuka usaha. Lokasi dan sarana juga merupakan dasar pertimbangan penting dalam menjalankan usaha. Tempat yang cocok belum tentu aman untuk jangka panjang. Biasanya terjadi masalah kenaikan sewa yang tidak wajar yang dilakukan oleh pemilik bangunan. Waspadai hal itu.

Silahkan Bagikan Jika Bermanfaat


EmoticonEmoticon