30 September 2016

Mengenal Cloud Computing Lebih Dalam



Bikinkantor.com – Mari mengenal cloud computing lebih dalam. Seperti yang disampaikan pada artikel dari berbagai sumber yang masih banyak mengandung istilah teknis, kali ini bikinkantor.com akan mencoba menyampaikan secara lebih transparan apa itu teknologi cloud computing sebenarnya.

Seperti pada gambar di atas, pemahaman yang paling mudah adalah adanya teknologi di atas awan sana yang tidak terlihat oleh mata yang menghubungkan semua jenis perangkat mulai dari laptop, komputer desktop, bahkan hingga smartphone. Semua terhubung ke dalam satu kesatuan yang saling mempengaruhi satu sama lainnya. Jika kita bekerja menggunakan laptop, hasilnya dapat dilihat menggunakan smartphone, dan sebagainya.

Lalu apa sebenarnya simbol awan tersebut? inilah yang akan kita bahas dalam artikel mengenal cloud computing kali ini.

Mengenal Cloud Computing


Awan yang ada pada gambar di atas sebenarnya adalah serangkaian sistem komputer yang terdiri atas puluhan ribu komputer server yang terhubung dalam satu kesatuan dimana jika satu komputer server ada yang bermasalah, secara otomatis komputer server lainnya akan menggantikan peran server yang sedang bermasalah tanpa mempengaruhi kesatuan sistem.



Inilah sebenarnya sistem yang digambarkan sebagai awan. Mengapa dapat digambarkan sebagai awan? karena kita sebagai pengguna tidak tahu persis dimana data kita berada. Apakah di server yang paling ujung? atau di tengah – tengah. Semua sudah diatur oleh sistem. Kita hanya dapat memastikan bahwa data kita dapat diakses dengan cepat, mudah, dan menggunakan media apa saja.

Jika anda menggunakan layanan gmail, apakah anda tahu dimana tempat pastinya database email anda disimpan? tentu saja tidak. Anda hanya akan diberi tahu bahwa data anda di simpan di data center google yang dijaga dan dipelihara terus menerus dengan aman. Di bawah ini adalah cara mengenal cloud computing dengan menggunakan logika penggunaan listrik rumahan.

Analogi Cloud Computing Sederhana




Setiap rumah pasti membutuhkan energi listrik untuk beraktivitas. Gambar di atas adalah sebuah rumah sederhana yang dapat ditempati oleh satu sampai 5 orang anggota keluarga. Tentunya dengan jumlah anggota keluarga seperti itu membutuhkan listrik yang masih kecil semisal 1300 watt.

Kita dapat membuat sendiri sumber tenaga listrik misalnya dari generator atau sel surya dengan biaya lebih dari 50 juta. Namun agar lebih praktis, kita tinggal berlangganan listrik kepada perusahaan penyedia listrik, misalnya PLN. Tentu saja PLN memiliki fasilitas untuk membangkitkan listrik dalam jumlah yang sangat besar untuk mencukupi jutaan rumah – rumah kecil seperti di atas.



Gambar di atas adalah salah satu contoh pembangkit listrik milik PLN Indonesia. Untuk membangun infrastruktur seperti di atas dibutuhkan dana hingga milyaran rupiah. Sama seperti Penyedia cloud computing. Untuk membangun infrastruktur standar cloud, dibutuhkan biaya hingga milyaran rupiah. Jika anda ingin mengenal cloud computing lebih mendalam terkait teknologi dan infrastrukturnya, akan kami bahas pada artikel selanjutnya.

Keuntungan Cloud Computing


Dengan hadirnya teknologi cloud computing ini sebenarnya menjadi angin segar bagi personal maupun pebisnis kecil yang memiliki dana terbatas dan ingin memiliki teknologi kelas dunia. Kita dapat membuat website tanpa harus memiliki web server sendiri, email perusahaan tanpa harus memiliki email server, dan aplikasi lainnya tanpa harus memiliki komputer data center sendiri. Itulah salah satu keuntungan mengenal cloud computing

Dengan model sewa pay as you go atau sesuai yang anda gunakan, model cloud computing sangat –  sangat membantu efisiensi biaya dan investasi. Sekarang, perusahaan kecil dan personal sudah mampu memiliki email dengan alamat domain sendiri seperti info@bikinkantor.com. Padahal 10 tahun yang lalu, hanya perusahaan besar sekelas pabrik, perbankan, atau perusahaan multi nasional yang mampu membuat email dengan alamat domain sendiri.

Apakah Cloud Computing itu Teknologi Baru?


Jika anda telah mengenal cloud computing secara teliti, ini sebenarnya adalah teknologi lama dengan istilah baru. Namun teknologi lama di sini telah berevolusi menjadi beberapa layanan yang sebelumnya tidak ada. Misalnya email. Jika anda telah menggunakan email sejak dahulu menggunakan yahoo atau hotmail, sebenarnya anda telah menggunakan teknologi Cloud Computing.



Yahoo sejak dahulu telah memiliki ribuan server yang tergabung dalam satu kesatuan sistem email dimana seluruh server bekerja secara bersama – sama ke dalam sistem email. Begitu pula dengan hotmail maupun gmail.

Perbedaan antara sekarang dengan yang dahulu adalah, cloud computing meluas tidak hanya dalam hal penggunaan aplikasi seperti email, namun juga infrastruktur dan platform.

 Silahkan Bagikan Jika Bermanfaat

1 komentar so far

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.


EmoticonEmoticon