30 September 2016

Cara Membuat Email Dengan Domain Sendiri

Berikut adalah cara membuat email dengan domain sendiri. Bagi anda yang telah memiliki website yang berkembang dan ingin tampil lebih profesional, email dengan domain sendiri sangat mutlak diperlukan. Katakanlah anda memiliki perusahaan dengan nama PT Bikin Kantor Indonesia dengan alamat bikinkantor.com, kemudian anda ingin merekrut karyawan baru dengan cara mengirimkan surat lamaran ke bagian HRD.

Jika anda mencantumkan alamat email hrd adalah hrd.bikinkantor@gmail.com, kemungkikan citra perusahaan anda akan dilihat kecil dan tidak profesional. Namun jika alamat email hrd perusahaan anda adalah hrd@bikinkantor.com, maka email tersebut menunjukkan bahwa perusahaan anda benar-benar profesioanal.

Itulah salah satu contoh keuntungan membuat email dengan domain sendiri. Email perusahaan anda bukan lagi berakhiran @yahoo.com, @gmail.com, atau @outlook.com. Namun sudah menjadi @namadomainanda.com.

Cara membuat email dengan domain sendiri sebenarnya sangatlah mudah. Tutorial berikut dapat dikerjakan dengan waktu kurang dari 30 menit.

Sebenarnya untuk membuat email dengan domain sendiri, anda harus memiliki web server, aplikasi email server, dan aplikasi email client sendiri. Untuk email server yang paling terkenal adalah Microsoft Exchange. Email server buatan microsoft ini terkenal tangguh namun memiliki harga yang sangat tinggi. Itulah mengapa microsoft exchange hanya digunakan oleh perusahaan – perusahaan besar seperti pabrik dan perbankan. Jika anda ingin membuat email dengan domain sendiri secara gratis namun memiliki fitur tidak kalah dengan Microsoft Exchange, berikut adalah caranya.

Pertama, Kunjungi Alamat www.zohomail.com


Cara membuat email dengan domain sendiri, yang pertama dilakukan adalah dengan mengunjungi situs www.zohomail.com. Zoho merupakan salah satu penyedia layanan email dengan domain sendiri yang masih memberikannya secara gratis. Sebenarnya dahulu ada penyedia lainnya seperti google apps, windows live, dan beberapa lainnya. Namun sekarang di awal tahun 2016 ini, hanya Zoho yang masih memberikan layanan email dengan domain sendiri secara gratis.



Jika anda telah mengunjungi alamat situs, maka akan tampil halaman seperti pada gambar di atas. Klik tombol merah “CONTINUE” untuk melanjutkan pendaftaran.

Kedua, Pilih Free Plan




Zoho memiliki jenis layanan email dengan domain sendiri. Mulai dari yang free atau gratis hingga premium. Untuk layanan free, anda akan mendapatkan kuota email 5 GB/User dengan jumlah maksimum user sebanyak 25. Sangat cukup bagi anda yang sedang berkembang atau memang memiliki sedikit tim profesional.

Untuk melanjutkan cara membuat email dengan domain sendiri, pilih “SELECT FREE PLAN” seperti pada gambar di atas untuk opsi gratis.

Ketiga, Setup Domain




Anda wajib memiliki domain sendiri agar cara membuat email dengan domain sendiri ini berjalan lancar. Jika anda belum memiliki domain atau alamat website, anda dapat membelinya terlebih dahulu. Jika anda sudah memiliki alamat website (domain), masukkan alamat domain anda dan klik tombol “Add Domain”. seperti tampak pada gambar di atas.

Keempat, Masukkan Info Akun Primer




Setelah anda menginput domain yang akan digunakan untuk alamat email, kemudian masukkan informasi dasar akun primer yang akan digunakan. Masukkan data – data berikut


  1. nama depan dan belakang,
  2. email address yang akan digunakan email utama atau email admin nantinya
  3. password
  4. dan kontak email. (kontak email ini digunakan untuk reset password email admin)
  5. Klik tombol “Sign Up”.


Dengan menekan tombol “Sign Up”, anda setuju dengan kebijakan dan privasi terkait penggunaan layanan Zoho mail. Data di atas merupakan data standar dalam cara membuat email dengan domain sendiri pada umumnya. Informasi lebih jelas, dapat dilihat pada gambar di atas.

Setelah berhasil tidak ada kesalahan dalam penginputan data, maka akan tampil halaman seperti pada gambar di bawah ini,



Untuk melajutkan proses pembuatan email dengan domain sendiri menggunakan Zoho, klik tulisan “Setup [alamat website] in Zoho” seperti pada gambar di atas.

Dari informasi data, anda akan mendapatkan jumlah user sebanyak 25 akun dengan kouta 5 GB per akun. Sangat cukup bagi anda yang memiliki anggota tim atau karyawan dengan jumlah sampai dengan 25 orang.

Kelima, Verifikasi Kepemilikan Domain




Salah satu tahapan dalam cara membuat email dengan domain sendiri adalah verifikasi alamat domain. Hal ini dimaksud untuk membuktikan bahwa anda benar – benar pemiliki domain tersebut. Cara verifikasinya sendiri tergantung dari DNS yang anda gunakan. Namun pada intinya, anda diminta memasukkan data CNAME ke dalam DNS anda. Contohnya adalah sebagai berikut :



Jika anda menggunakan cPanel, untuk menambah data CNAME ada pada menu “Simple Zone Editor”. Klik tombol yang dimaksud seperti terlihat pada gambar di atas. kemudian akan tampil halaman berikut :



Masukkan data yang sesuai dengan informasi pada halaman verifikasi Zoho sebelumnya kemudian Klik tombol “Add CNAME Record” seperti gambar di atas.

Jika anda menggunakan DNS sendiri terpisah dari admin panel seperti cPanel, langkahnya kurang lebih sama. Berikut adalah contohnya jika menggunakan DNS Cloudflare




Masukkan data CNAME yang diberikan oleh Zoho ke dalam DNS dan klik tombol “Add Record” seperti pada gambar di atas. Setelah langkah ini selesai, kembali ke halaman Verifikasi domain di Zoho dan klik tombol “Verify By CNAME”.

Keenam, Menambah User Pertama




Salah satu langkah penting dalam cara membuat email dengan domain sendiri menggunakan Zoho ini adalah menambah user pertama. User inilah nanti yang akan menjaid super admin yang dapat digunakan untuk menambah user – user lainnya dengan alamat email yang berbeda dalam domain sendiri. Tentunya hal ini dapat dilakukan setelah proses Verifikasi domain berhasi dilakukan.

Tampak seperti gambar di atas dengan ditandai centang warna hijau pada setiap proses yang ada. Masukkan alamat email admin dan klik tombol “Create Account” seperti gambar di atas. Kemudian akan tampil seperti gambar di bawah ini :



Anda dapat menekan tombol “Skip” untuk melewati proses pembuatan akun lainnya dan menyelesaikan pembuatan email dengan domain sendiri ini.



Pada tahapan pembuatan grup, anda dapat melewatinya dengan menekan tombol “Skip” seperti pada gambar di atas. Grup dapat dibuat nanti ketika telah selesai. Dengan menekan tombol skip, cara membuat email dengan domain sendiri yang sedang kita kerjakan dapat terus dilanjutkan hingga selesai

Ketujuh, Konfigurasi Email Delivery




Cara membuat email dengan domain sendiri menggunakan Zoho pada tahap ketujuh ini adalah konfigurasi email delivery. Konfigurasi ini dimaksud agar kita dapat menerima email lain ke dalam inbox. Jika ini tidak dikonfigurasi, email dengan domain sendiri yang kita miliki hanya dapat mengirim email saja dan tidak dapat menerima email dari manapun.

Untuk konfigurasi sendiri disesuaikan dengan DNS yang anda gunakan. Caranya hampir sama dengan tahap Verifikasi domain sebelumnya. Namun pada tahapan ini, yang diinput ke dalam DNS adalah MX Record.

Dari gambar diatas, kita diminta untuk menginput data MX record ke dalam DNS kita. Berikut adalah contohnya



Untuk Cpanel, cara menambah MX record ada di bagian menu Email – MX Entry seperti pada gambar di atas. Klik Gambar MX Entry kemudian akan tampil halaman seperti di bawah ini :



Masukkan data – data yang sesuai dengan yang ada pada halaman setup Zoho. Untuk jenis email routing, pilih yang Automatically Detect Configuration seperti pada gambar di atas. Kemudian Klik tomboh “Add New record”. Lakukan langkah ini 2 kali dengan data kedua.

Jika anda menggunakan cloudflare sebagai DNS, caranya dapat dilihat seperti gambar di bawah ini



Pilih tipe MX, kemudian masukkan @, maka akan muncul jendela pop up seperti gambar di atas. lalu masukkan data server dan priority nya. Kemudian klik tombol “Save”. Ulangi langkah tersebut untuk data kedua sehingga diperolah hasil seperti gambar di bawah ini



Setelah data MX diinput semua pada DNS kita, kemudian kembali pada halaman konfigurasi email delivery Zoho dan klik tombol “Next”.

Ke delapan, Masukkan Konfigurasi Lainnya Jika Perlu


Pada tahap ini, anda akan diminta untuk melakukan konfigurasi terkait email migration, Mail Client Configuration, dan mobile access. Tiga tahapan ini dapat anda lewati sementara untuk dikonfigurasi lain waktu.



Halaman email migration. Klik tombol “Skip” untuk melanjutkan



Halaman Mail Client Configuration, digunakan jika anda nanti akan mengakses email menggunakan email client desktop seperti Outlook, Thunderbirds, dan sebagainya. Klik tombol “Next” untuk melanjutkan.



Halaman konfigurasi Mobile Access. Halaman ini digunakan untuk memandu anda mengkonfigurasi sistem agar email dapat diakses menggunakan smartphone atau tablet. Klik tombol “skip” untuk melanjutkan.



Selesai.

Itulah cara membuat email dengan domain sendiri menggunakan Zoho. Anda dapat langsung menggunakan layanan tersebut dengan menekan tombol “Process to Access ZohoMail” seperti gambar di atas. Berikut adalah tampilan inbox dari Zoho Mail



Melalui halaman inbox ini, anda dapat mengirim dan menerima pesan, dan berbagai aktivitas laiinya dalam hal email. Layanan Zoho mail ini belum terintegrasi dengan fasilitas chatting seperti yang ada pada email modern lain misalnya gmail, yahoo mail, atau outlook. Karena Zoho mail benar – benar difungsikan sebagai email Server.

Untuk login kembali ke email zoho anda yang telah menggunakan domain sendiri, dapat dilakukan dengan mengunjungi alamat https://www.zoho.com/mail/login.html dan anda akan diarahkan ke tampilan seperti gambar di bawah ini



Masukkan alamat email dan password kemudian klik tombol “Sign in”.

Itulah cara membuat email dengan domain sendiri yang paling mudah dan gratis yang dapat dilakukan sekarang.


-----------------------
Artikel ini merupakan bagian dari topik "Cara Membuat Email dan Website" 


EmoticonEmoticon